Senin, 01 Juli 2013

Rumusan Pertanyaan Klenger Burger



1.      Kapan dia mulai usaha dan dimana, apakah dengan usaha yang sama?
Pada tahun 2002 berawal dari Pondok Sayur asem. Lalu pada tahun 2006 menjadi gerai burger

2.      Apakah dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
Awalnya hanya usaha mandiri tapi menjadi waralaba karena banyak investor yang tertarik

3.      Sumber Modal awal usahanya darimana? Sewa rumah makan Pondok Sayur Asem 1,5 tahun, peralatan masak, uang 30 juta, dan pinjaman modal dari mantan atasan.

4.      Dimana dia awalnya memasarkan produknya?
Jalan RC Veteran No. 21 Bintaro, Jakarta Selatan.

5.      Apakah menjual produk yang sama?
Awalnya menjual sayur asem setelah itu baru menjual burger
6.      Siapa pemilik usaha pada saat awal usaha dan sekarang?
Velly Kristianti dan Gatut Cahyadi
7.      Apa bentuk kepemilikannya?
Franchise/Waralaba
8.      Berapa karyawan pada saat awal usaha dan sekarang?
Pada saat awal 15 orang dan sekarang berjumlah 250 orang
9.      Apakah ada sistem manajemen tertentu yang diterapkan?
Tidak ada hanya saja ada direktur yang membawahi sekretaris, head internal dan eksternal division, dan karyawan
10.  Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai koordinator dalam kegiatan usaha?
Direktur
  • Merupakan brand owner dari perusahaan
  • Mangatur keseluruhan perusahaan
  • Mengambil keputusan yang dinilai penting demi kelangsungan citra kesejahteraan perusahaan
  • Bertindak sebagai perwakilan perusahaan dengan pihak luar
11.  Apakah ada prestasi yang dicapai?
Sampai saat ini belum ada, tapi usaha ini sudah berdiri 7 tahun dan itu menurut saya prestasi yang cukup baik
12.  Menurut anda apakah usaha tersebut menggunakan 7 aspek kelayakan usaha?
  •  Pasar : Memiliki banyak outlet di Jabodetabek  sebanyak 36 outlet, dan outlet-outlet franchise lainnya sebanyak 80 outlet
  • Pemasaran : Hampir sekitar 80% outlet-outletnya beroperasi dengan sistem terwaralaba, inovasi dalam sistem pemasaran perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan internet untuk meningkatkan daya saing perusahaan,

  • Teknologi : Meningkatkan daya saing dengan memberikan suatu pelayanan pembelian online untuk mencapai customer satisfaction. Menawarkan produk melalui internet dengan menerapkan e-marketing sebagai media pemasaran produk dilakukan secara maksimal.
  • Keuangan : Outlet Klenger Burger diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yaitu Green Box, Yellow Box, dan Red Box. Untuk Outlet Green Box, omset yang diraup Klenger dapat mencapai lebih dari Rp2 juta/hari, Yellow Box Rp1—Rp1,5 juta/hari, Red Box kurang dari Rp1 juta/hari.
  • Manajemen :  ada direktur yang membawahi sekretaris, head internal dan eksternal division, dan karyawan
  • Organisasi : Yang paling atas ada franchisor yang membawahi pemilik usaha yang memiliki hak franchise
  • Lingkungan : Fisik; Total arealnya mencapai 400 m2i dengan bangunannya berlantai dua. Adapun kapasitas tempat duduknya mampu menampung 150 orang.                                                                  Budaya; Meskipun dibilang makanan burger makanan barat tapi disesuaikan dengan lidah indonesia, terlihat dari menunya misalnya pizza sate.
  • Hukum: Di awal lahirnya di tahun 2006, Klenger BurgerTM sudah sadar akan Legalitas Brand dan juga Halal produk. Oleh karenanya Sertifikat Merek dan Sertifikat Halal sudah dimilikinya sampai saat ini.
  • Sosial: pada saat ini memiliki lebih dari 250 sumber daya manusia dan meyakini bahwa akan terus tumbuh dari sisi kualitas maupun kuantitasnya
  • Ekonomi : dengan omzet mencapai Rp17 miliar per tahun sudah bisa menggaji semua SDM yang sebanyak 250 orang.
13.  Apakah usaha ini akan bertahan lama dan berkembang?
Tentu saja dilihat dari banyaknya outlet-outlet yang dimiliki sekarang, usaha ini tentunya bisa meraup laba yang cukup besar, dengan sistem kegiatan usaha yang solid tentunya usaha ini mungkin akan menjadi brand usaha terbesar di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar